Tips Terhindar Kavling Tanah Bodong di Bogor

Kavling Tanah di Bogor – Investasi kavling tanah merupakan salah satu investasi yang prospektif dan menguntungkan. Hal tersebut tentu beralasan mengingat harga tanah yang kian hari kian naik, dan peminatnya pun juga semakin banyak. Investasi kavling tanah memang diklaim sebagai investasi yang paling aman, karena minim resiko akan kerugian, terlebih jika letak tanah kavling anda strategis, tentu harga jualnya akan merangkak naik dengan cepat.

Banyaknya peminat kavling tanah ini ternyata juga menimbulkan modus penipuan yang baru, yakni surat-surat kavling tanah bodong alias palsu. Dokumen tanah atau surat-surat tanah memang menjadi salah satu hal yang penting dan perlu diperhatikan. Hanya semata-mata demi, keuntungan tidak sedikit penjual dan developer nakal menjual kavling tanah di Bogor dengan status bodong.

Nah, dalam kesempatan ini, saya akan memberikan beberapa tips terhindari dari kavling tanah bodong.

Cara terhindar Kavling Tanah Bodong di Bogor

Siapa sih yang tidak jengkel dan kecewa ketika hendak membeli tanah, eh taunya dokumen tanah yang akan dibeli bodong alias palsu? Tentu semua orang pun juga akan merasakan kebencian yang sama. Memang oknum-oknum seperti ini meng-halal-kan segala cara untuk mendapatkan keuntungan semata.

Adapun untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan ketika ingin membeli tanah kavling di Bogor.

1.     Pastikan periksa dokumen tanah kembali

Sebelum anda benar-benar memutuskan untuk membeli kavling tanah, maka anda harus memikirkan secara matang dan memeriksa dengan teliti semua dokumen tanahnya. Biasanya penjual atau developer akan memberi pinjam fotocopi dokumen tanah yang akan dijual. Periksalah dengan teliti.

Jika memang anda kesulitan atau tidak tahu menahu, tidak ada salahnya anda meminta bantuan orang lain yang sudah berpengalaman terhadap jual beli tanah, khususnya dokumen-dokumennya.

Sebenarnya boleh saja anda percaya dengan pengelola, namun perlu disadari juga bahwa tidak semua developer itu memberikan informasi yang sebenar-benarnya. Namun juga masih banyak yang memberikan informasi dengan benar dan jelas mengenai tanah kavling kepada konsumennya.

2.     Periksa Ke Kantor Pemerintahan Setempat

Tips selanjutnya yang bisa anda lakukan ketika hendak mengecek sertipikat tanah asli atau bodong ialah dengan mencaritahu di kantor pemerintahan setempat, bisa di kantor desa ataupun kantor kelurahan. Biasanya kepengurusan kavling tanah itu juga melibatkan pemerintah desa setempat.

Pemerintah tersebut pun juga mengetahui dokumen asli serta asal usul tanah tersebut dan bisa anda tanyakan beberapa hal kaitannya dengan kavling tanah termasuk, status tanahnya apakah sudah Hak Milik atau belum, sertipikat tanahnya apakah sudah dipecah, mengingat kavling tanah berasal dari tanah yang dipecah-pecah dan asal-usul tanah tersebut.

3.     Tanya ke Warga Sekitar

Untuk memantapkan hati, anda bisa juga menanyakan status tanah ke warga sekitar, tentu warga pasti tahu menahu mengenai asal usul tanah, kepemilikan yang dulu dan info-info lainnya yang bisa anda sandingkan dengan dokumen tanah yang akan dijual tersebut.

Tinggal anda cocokkan, jika memang sama bisa dikatakan bahwa sertipikat tanah tersebut memang benar-benar asli bukan bodong.

Itulah setidaknya 3 tips agar terhindar dari Tanah kavling di Bogor yang palsu. Investasi kavling tanah memang sangat aman dan menguntungkan, namun juga anda harus berhati-hati dan teliti sebelum melakukan transaksi. Langkah mudahnya ialah dengan membeli kavling tanah kepada developer yang benar-benar sudah terjamin reputasinya.